Kecepatan Bumi Bergerak (luar biasa)

apa agan pernah bayangin kecepatan bumi kita ini kalo bergerak??


Neh infonya gan
kita tahu bahwa bumi kita melakukan rotasi (berputar pada porosnya) dan revolusi (mengelilingi matahari dengan lintasan berbentuk elips).

Dampak dari rotasi dan revolusi pun berbeda. 

Sewaktu di sekolah dasar kita belajar bahwa rotasi yang lamanya 24 jam itu menyebabkan terjadinya siang dan malam. Info lainnya nih, di equator itu 1' (dibaca: satu derajat) bujur sama dengan 110 km, artinya kecepatan rotasi bumi di equator bisa mencapai 1600 km/jam; kecepatan yang tinggi bukan? padahal kecepatan pesawat terbang saja hanya 1000 km/jam.
Sedangkan untuk revolusi bumi, yang berdampak terhadap perbedaan iklim di dunia ini ternyata memiliki kecepatan revolusi bumi sebesar lebih dari seratus ribu km/jam (107.500 km/jam). Waw! Itu dihitung dari jarak matahari bumi 150 juta km, dan lintasan bumi yang ditempuh selama 365 hari tersebut adalah 942 juta km.

Bayangin gan.. cepet bgt yak 



No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Followers

 
berita unik