Kenali Gejala Sindroma Carpal Tunnel

 

Anda mungkin sering mengalami rasa pegal dan nyeri, setelah menggunakan laptop atau komputer dalam waktu lama. Ini bisa jadi gejala kalau Anda sedang mengalami sindroma carpal tunnel (kompartemen di dasar pergelangan tangan).

Gejala awal sindroma ini menurut  dr Vijay Shetty, seorang ahli ortopedi, adalah mati rasa di jari-jari setelah seharian bekerja. Hal ini bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita.  


 
“Pemicu utamanya adalah bekerja menggunakan laptop dan komputer, karena membuat Anda berjam-jam memencet keyboard. Gejala ini biasanya muncul pagi hari,” kata dr. Vijay, dikutip dari healthmeup.com

Ketika posisi pergelangan tangan tidak benar saat mengetik, dan tidak disangga dengan baik maka akan menyebabkan tekanan pada saraf. Hal inilah yang menyebabkan sindroma bisa muncul. Ada juga penyebab lainnya, yaitu  hipotiroidisme, diabetes, obesitas dan arthritis.

Ada dua hal yang membuat seseorang bisa mengalami sindroma ini, yaitu:
1. Ketika saraf di carpal tunnel membengkak dan tidak ada ruang di dalamnya.
2. Ketika carpal tunnel mengencang, tanpa menyisakan ruang untuk saraf. Ini menyebabkan tekanan pada saraf dan rasa sakit mati rasa pada ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah.

Termasuk, nyeri di pergelangan tangan. Kadang-kadang, sindroma carpal tunnel juga bisa menyebabkan kelemahan pada tangan.

No comments:

Post a Comment

Followers

 
berita unik